15 Des 2015

Analisis VOIP Beserta Penyedia Layanan di Indonesia



Voice over Internet Protocol (VoIP) bukan merupakan teknologi baru. VoIP adalah suatu mekanisme teknologi yang memungkinkan terjadinya percakapan (voice) baik jarak jauh maupun dekat, dengan memanfaatkan internet .
Terlepas dari kualitas suara yang tidak sebagus sambungan telepon biasa,
para pelaku bisnis dan pemilik perusahaan mulai melirik penggunaan VoIP terutama untuk menekan pengeluaran.


Dalam VOIP, suara diubah menjadi data dan dikirim lewat jaringan internet. Ia bisa lebih murah sebab menggunakan pita frekuensi (bandwidth) dengan sistem kompresi yang tingkatnya lebih besar dibanding kompresi di selular. Di GSM, suara normal yang dikodekan dalam 64 kilobit bisa ditekan sampai 13,3 kilobit per detik dan mutu suara itu sudah terbiasa kita dengar lewat ponsel.
Kompresi juga dilakukan di STDI (Sentral Telepon Digital Indonesia), sehingga satu kanal kapasitas 64 kilobit dapat digunakan atau diduduki oleh 4-5 suara. Lebih hebat lagi, dengan teknologi VOIP, kompresi dilakukan sedemikian rupa, sehingga tiap kanal tidak lagi 13,3 kilobit tetapi menjadi cuma 8 kilobit dan nantinya akan lebih kecil lagi.

Contoh protokol jaringan yang digunakan untuk mengimplementasikan VoIP meliputi:
• H.323
• Media Gateway Control Protocol (MGCP)
• Session Initiation Protocol (SIP)
• Real-time Transport Protocol (RTP)
• Session Description Protocol (SDP)
• Inter-Asterisk eXchange (IAX)

Protokol H.323 adalah salah satu dari Protokol VoIP yang penerapannya ditemukan secara luas untuk lalulintas jarak jauh, seperti layanan Jaringan Area Lokal (LAN). Namun, karena perkembangan baru, protokol yang lebih kompleks seperti MGCP dan SIP, H.323 penyebaran semakin terbatas untuk membawa jarak jauh yang ada lalu lintas jaringan. Secara khusus, Session Initiation Protocol (SIP) telah mendapatkan penetrasi pasar luas VoIP.

Keuntungan VoIP

• Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.

• Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan.

Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.

• Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.

• Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa

• Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.

• Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset

Kelemahan dari VoIP

• Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih – bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.

• Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband.

• Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.

• Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.

• Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
• Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.

• Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.

• Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.

• Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran

Pada dasarnya layanan yang dapat ditawarkan adalah layanan dasar yang meliputi:

• Komunikasi kelas 1 (Phone to Phone)
Pada komunikasi ini, caller dan callee masing-masing memiliki nomor E.164 pada Public Switched Telephone Network (PSTN) yang terhubung ke Internet melalui sebuah gateway

• Komunikasi Kelas 2-1 (Phone to PC)
Pada komunikasi ini, caller menggunakan terminal telepon dengan nomor E.164 pada Public Switched Telephone Network (PSTN), terhubung dengan callee yang menggunakan PC yang berada pada jaringan Internet. Koneksi ini memerlukan gateway untuk caller.

• Komunikasi Kelas 2-2 (PC to Phone)
Komunikasi ini merupakan kebalikan dari komunikasi kelas 2-1 (Phone to PC) dan gateway yang diperlukan adalah gateway untuk callee.

• Komunikasi Kelas 3 (PC to PC)
Untuk komunikasi seperti ini caller dan callee berada dalam Internet dan masing-masing memiliki alamat IP. Oleh karena keduanya berada dalam Internet maka sebenarnya gateway tidak mutlak diperlukan.

Selain keempat jenis layanan dasar diatas, juga terdapat produk dan layanan tambahan yang dapat dijual secara terpisah ataupun secara bersama-sama dengan layanan dasar tadi (integrated service). Layanan-layanan tambahan diantaranya adalah :

1. Web to Phone
Layanan ini merupakan suatu produk yang memungkinkan suatu perusahaan memiliki website dengan kemampuan multimedia untuk kemudian dapat berbicara langsung kepada customernya dengan menggunakan aplikasi tertentu.

2. Fax Over IP
Layanan ini merupakan layanan pengiriman fax tetapi melalui jaringan IP. Layanan ini sangat mudah diimplementasikan jika layanan Voice Over IP (VoIP) sudah tersedia.
Voice Messaging

Layanan ini merupakan layanan yang dapat menerima dan mengirimkan voice messaging dari mana saja dan kapan saja melalui Internet.

3. TV Station
Produk ini ditujukan kepada pengusaha station TV yang menginginkan acara pemirsanya tetap dapat menyaksikan acara tertentu walaupun sedang berada di kota atau bahkan di negara lain yang berada di luar jangkauan station TV tadi.

4. Web Cast
WebCast adalah layanan berbasis web yang dapat merupakan aplikasi real time online maupun off line.

Provider Penyedia VoIP di Indonesia

Di Indonesia sendiri, VoIP sudah cukup familiar dalam kegiatan bertelephone sehingga banyak pula provider yang menyediakan layanan VoIP.

1. Telkom Domestic Clearing house “TDC”
Salah satu Perusahaan telekomunikasi terbesar di indonesia yaitu PT. Telkom Tbk telah meluncurkan layanan telekomunikasi berbasis internet, VoIP yang cukup hemat dalam penggunaanya yang biasa disebut “telkom save” layanan VoIP yang di luncurkan ialah “telkom domestic clearing house” TDC. Dalam menjalankan layanan telekomunikasi VoIP ini Telkom tidak berjuang sendiri namun melakukan kerja sama terhadap perusahaan PT. Vasindo teleInternet sebagai pengelola layanan dan Telkom sebagai pengembangnya. Dari segi tarif bicara di kenakan biaya kurang lebih Rp.3000/menit untuk melakukan panggilan ke luar negri.

2. SLI 01052
Perusahaan Telkomsel telah memperoleh license VoIP 01052 untuk melakukan panggilan internasional dengan harga yang cukup murah untuk kartu AS dengan kode akses 01052, dengan mengenakan biaya per paket Rp.1000,. cara mendaftarnya Ketik VoIP SUB Harga Paket, kirim ke 8999. Jadwal pendaftaran paketnya dimulai pukul 00.00 – 17.00.

3. Indosat Flat Call 01016
Dengan adanya teknologi VoIP indosat meluncurkan Flat Call 01016 dengan kualitas yang cukup bagus dan biaya yang di keluarkan pun cukup ringan, tarif yang dikeluarkan sesuai dengan negara mana yang kita akan hubungi dari biaya yang di kenakan kurang lebih Rp.120/6 detik.

4. Three 01089
Tidak mau kalah dengan operator lain, 3 pun akhirnya menggunakan teknologi VoIP yang tidak kalah murahnya dengan operator penyedia layanan VoIP, PT. Hutchison CP Telekom ini akhirnya memiliki license VoIP 01089 yang katanya menelpon interlokal ke luar negri lebih murah di bandingkan menelpon lokal, hal ini di karenakan penggunaan teknologi VoIP ini, biaya yang di kenakan untuk menggunakan layanan ini sekitar Rp.299/menit.

5. Voipstunt
Layanan VoIP ini memiliki kualitas yang cukup baik yang memungkinkan melakukan panggilan ke luar negri dengan kualitas kejernihan suara yang cukup bagus, biaya yang dikenakan sekitar € 0,070/menit.

6. Google plus+
Perusahaan besar Google. Inc telah meluncurkan jejaring sosial yang sangat fenomenal yaitu Google Plus+, salah satu jejaring sosial saingan terberat dari Facebook ini telah menyediakan layanan VoIP yang kita bisa gunakan secara Free dengan user lainnya sesama pengguna Google Plus+, bukan hanya layanan VoIP saja yang di tawarkan namun kita juga di manjakan dengan layanan WebCam “Videeo Call” yang di namakan “HangOut” dalam jejaring sosial tersebut.

7. Mig33
Mig33 yaitu salah satu aplikasi mobile yang mendukung layanan VoIP secara gratis, Mig33 ini di gunakan untuk mobile phone yang memiliki sistem operasi Java.

8. Skype-Out
Skype merupakan salah satu penyedia layanan VoIP yang cukup ekonomis untuk melakukan panggilan secara internasional, VoIP Skype ini sebenarnya Free bila orang lain yang kita hubungi menggunakan software skype juga, namun bila orang yang kita hubungi tidak menggunakan software skype hal ini pun bisa di atasi dengan membeli credit dari Skype-Out yang biasanya dalam bentuk USD, namun jangan khawatir biaya yang di keluarkan pun sangat murah sekali 10cent USD/menit atau sekitar Rp.900/menit.

9. Freecall
Salah satu penyedia layanan VoIP free yaitu “Freecall” dengan layanan ini kita cukup menginstal software freecall lalu melakukan registrasi yang terakhir kita tinggal menggunakan layanannya, 90hari pertama “freedays” kita di berikan gratis 300menit/minggu setelah freedays habis kita di kenakan tarif normal yang cukup murah sekitar € 0,020/menit.

10. Nimbuzz
Nimbuzz merupakan suatu layanan VoIP berbasis Mobile yang kita bisa melakukan komunikasi VoIP secara free.

Referensi :
http://repository.unand.ac.id/1117/1/33-37_ANTON_VOIP_OKT_08.pdf
http://ilmukomputer.org/2013/01/31/teknologi-voip/
http://it4dummy.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-voip-dan-provider-penyedia.html

0 komentar:

Posting Komentar